MTSN 5 Bungo


Diposting Pada: Minggu, 05 Mei 2019
MTs N 5 Bungo Kembali Panen Hasil Kebun Sekolah


MTs N 5 Bungo Kembali Panen Hasil Kebun Sekolah MTs N 5 Bungo merupakan salah satu Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Bungo. Meskipun bersyukur atas pencapaian ini, seluruh elemen sekolah tak langsung puas dengan mencapai predikat di tingkat Kabupaten. Madrasah yang bertempat di Desa Teluk Pandak, 16 km dari pusat kota Bungo ini menargetkan untuk berjuang di tingkat Provinsi Jambi.
Program Adiwiyata sendiri merupakan salah satu program yang dicanangkan pemerintah di bawah naungan Dinas Lingkungan Hidup. Oleh karena itu, program ini bertujuan agar sekolah- sekolah terpacu mengintegrasikan kegiatan pendidikan agar berwawasan lingkungan guna menjaga kelestariannya.

Sesuai tujuan dari program Adiwiyata tersebut, maka MTs N 5 Bungo terus melaksanakan dan meningkatkan program-program yang berguna demi menjaga kelestarian lingkungan. Upaya MTs 5 Bungo menata lingkungannya agar tampak asri dapat terlihat dari banyaknya jenis tumbuhan dan bunga-bunga yang terdapat di taman sekolah hingga kelas-kelasnya. Jenis tumbuhan yang ditanampun beragam, tidak hanya bunga yang cantik dan berwarna. Di dalam lingkungan madrasah dapat kita temui pohon buah-buahan seperti sirsak, pepaya, pisang, hingga markisa.

Hal menarik akan kita temui jika melihat lebih jauh ke belakang, terdapat kebun yang cukup luas. Di kebun ini tidak hanya di tanami sawit, namun juga terdapat kunyit, serai, kangkung, selada, ketela, dan lain-lain. Sabtu (4/5/2019) usai melaksanakan olahraga pagi, guru beserta siswa melakukan panen karena sudah waktunya. Hal ini bukan untuk pertama kalinya. Kegiatan ini sudah berjalan lebih dari 1 tahun. Tampak pada gambar, guru dan siswa terlihat antusias memanen kangkung.

Hasil panen biasanya dijual kepada guru, pegawai madrasah, serta orang-orang di sekitar lingkungan madrasah. Uang hasil penjualan akan di pergunakan untuk membeli bibit dan keperluan kebun agar dapat berkembang lagi. Guru dan siswa mengaku senang melakukan kegiatan ini, karena merasa hasil kerja mereka membuahkan hasil. (IP)

 


909x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. KSM Tingkat Kabupaten Bungo Tahun 2019 di MTs N 5 Bungo Sukses Digelar 1326x dibaca
  2. MTs N 5 Bungo Ikuti Lomba Senam dan LKBB Kecamatan Tanah sepenggal 486x dibaca
  3. MTs N 5 Bungo Ikuti Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-74 476x dibaca
  4. Serunya Kunjungan Edukatif SDIT Andalusia ke MTsN 5 Bungo 1070x dibaca
  5. MTs N 5 Bungo Melepas Keberangkatan Dua Siswanya Mengikuti KSM Tingkat Provinsi Jambi 561x dibaca

Halaman ini diakses pada 29-03-2024 20:13:17 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 127.0.0.1
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved